Category Archives: berita

Patriot yang sopan dan kesatria

K-2, Tanggal 11-12 April 2019 – Sekolah Dasar Al Afityan School Tangerang menyelenggarakan kegiatan KEMCIN (Kemah Cinta) dengan tema “ Patriot yang sopan dan kesatria” yang melibatkan sekitar 107 peserta penggalang dan 28 pendamping. Kemah cinta ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Kegiatan kepramukaan ini dilaksanakan secara out door. Berkemah berarti melatih hidup bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan tenda atau kemah sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan dan sebagainya.

Acara pembukaan Kemah Cinta ini dipimpin oleh Ka.Gudep yaitu Ka Yoga, dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa “seorang penggalang harus memiliki jiwa berani, tangguh, pantang menyerah dan sikap sopan dalam hal apapun yang akan menunjukkan identitas kita sebagai bangsa indonesia”. Kegiatan perkemahan ini bertempat di BUPER Kitri Bakti, Curug. Uniknya sebelum perjalanan menuju kemah, peserta dengan pendamping ini melakukan long march dari sekolah ke tempat bumi perkemahanan. Menjelajahi setiap perjalanan bersama regunya. Setiap penjelajahan peserta akan menempati pos-pos yang harus mereka lewati dengan menjawab pertanyaan.  Dalam kegiatan ini siswa dituntut untuk terampil dalam tenik kepramukaan seperti membuat pionering, dan juga dituntun untuk selalu kreatif.

Tujuan diadakan perkemahan ini adalah untuk membina generasi muda yang berani terampil dan cinta terhadap tanah air. Kegiatan kepramukaan ini menjadi salah satu proses pendidikan dalam membangung karakter, kemandirian peserta untuk menjadi individu yang kreatif dan mandiri, juga mempersiapkan generasi unggul pemimpin yang berkarater di masa akan datang.

Kegiatan ini berlangsung 2 hari membuat para peserta sangat antusias mengikutinya. Dengan diadakannya kemah cinta ini diharapkan semakin terjalinnya ukhuwah antara peserta dengan pendampingnya, juga antara peserta didik dengan peserta didik lainnya.

Salam Pramuka !!!

ada kemah cinta di smp

K2- Pada hari selasa, 9 April 2019 pukul 07.00 Siswa – siswi SMP Al Fityan School Tangerang sudah berbaris rapih di lapangan dengan membawa ransel di punggung nya dan tongkat di tangannya. Mereka telah siap mengikuti kegiatan “kemah cinta” selama tiga hari di Bumi Perkemahan Kitri Bakti Curug.

Setelah Upacara Pembukaan yang dibuka oleh wakil kepala sekolah bagian Kesiswaan, para siswa secara bergiliran berangkat menuju lokasi perkemahan dengan berjalan kaki sejauh 5 Km. Dalam perjalanan tersebut mereka melewati 4 pos dengan berbagai tantangan yang harus mereka hadapi.

selama kegiatan, siswa diberi tugas rohaniah berupa tilawah 3 lembar per hari, mengahafal surat Al Baqoroh ayat 183-185 dan ibadah sunnah lainnya seperti sholat dhuha dan infaq harian yang semuanya itu tertulis dan dilaporkan kepada panitia.

Selama kegiatan ini, siswa juga diperbolehkan menguji SKU dengan mendatangi para pembina di waktu-waktu yang kosong, sehingga di acara penutupan, ada 12 orang siswa dan 5 orang siswi yang berhasil menyelesaikan uji SKUnya dilantik menjadi penggalang Ramu dan Penggalang Rakit.

Kegiatan ditutup oleh Ka Mabigus sekaligus sebagai kepala sekolah dan beliau menyampaikan bahwa siswa-siswi Afista harus kreatif, berani dan Mandiri. Seusai upacara penutupan, panitia mengumukan pemenang sebagai regu terbaik yang nilainya diambil dari seluruh kegiatan dari awal hingga akhir.

Setelah semua perlengkapan dan tenda telah selesai dirapihkan, peserta kembali ke sekolah dengan berjalan kaki. Kali ini tidak ada pos, panitia hanya memantau dan mengawasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Sesampainya di sekolah, orang tua sudah ramai menunggu putra putrinya setelah 3 hari tak berjumpa.

Salam Pramuka !!!

widegame

K2- Pekan lalu, diselenggarakanlah kegiatan Widegame di salah satu gugusdepan yang ada di Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kelapa Dua, tepatnya pada tanggal 04 April 2019, kegiatan ini dibuka oleh Kepala SD Syafana Islamic School Ust Marjak, SS, M.Pd.

Widegame ini adalah kali kedua yang telah dilaksanakan. Adapun kegiatan ini hanya diperuntukkan Andika kelas 3. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari pagi hari pada pukul 08.30 s.d. 11.30. dimana para Andika dalam tiap barungnya harus mencari jejak yang telah ditentukan. Dalam rutenya ada 4 warung yang harus dilewati oleh mereka. Dan dalam tiap warung ada berbagai macam permainan barung. Dimulai dari :

Warung 1 : pengetahuan umum dan kepramukaan

Warung 2 : ketangkasan (estafet sumpit sedotan)

Warung 3 : ketrampilan (memanah)

Warung 4 : teamwork (Spongebob game)

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian Andika yang mencintai lingkungan, open mind, bermasyarakat, cerdas dan berakhlak.

Salam Pramuka !!!

Sampai ketemu di Perkasa selanjutnya …

PERKASA

K2- Pekan lalu, tepatnya tanggal 28-29 Maret 2019 telah dilaksanakan kegiatan Perkemahan Andika Syafana (PERKASA), kegiatan salah satu gugusdepan di Kwartir Ranting Kelapa Dua ini rutin dilaksanakan setiap tahun, kali ini Perkasa dilaksanakan untuk yang ke 6 kalinya.

Perkasa 1 : bertempat di area Sekolah Syafana Islamic School

Perkasa 2 : bertempat di Balai Pertanian Pagedangan

Perkasa 3 : bertempat di Kampoeng Kalapa Balaraja

Perkasa 4 : bertempat di Kitri Bakti Curug

Perkasa 5 : bertempat di Cibubur Jakarta

Perkasa 6 : bertempat di Lembah Rusa Ciseeng Bogor

Salam Pramuka !!!

Sampai ketemu di Perkasa selanjutnya …

urc

K2-Saka Bakti Husada (SBH) Kabupaten Tangerang, hari ini Rabu, 3 April 2019 menggelar pertemuan kegiatan Unit Reaksi Cepat (URC) bertempat di Sekretariat SBH Kab. Tangerang yang beralamat di Cikupa,

Kegiatan ini ini dibuka oleh Kak Nana, dan diawali dengan bersih-bersih halaman sekretariat SBH Kab. Tangerang. dalam amanatnya beliau berpesan agar anggota semua selalu berpegang teguh pada janji saat pengukuhan, membuat laporan kegiatan di kwarran masing -masing dan aktif dalam kegiatan saka, yang terakhir beliau menyampaikan “jangan terhalang oleh keadaan, walaupun hanya sendiri menjadi perwakilan dari kwarrannya, tetap lanjut, jangan patah semangat”.

Pada kegiatan ini diikuti oleh 4 orang Anggota Saka Bakti Husada Kwarran Kelapa Dua yang terdiri dari Naufal, Zikri, Haura dan Irma,materi yang disampaikan meliputi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Teknik membuat Laporan.

Salam Pramuka !!!

Salam Sehat !!!

ADA BANTU DI AFISTA ???

K2-Hari ini Senin, 1 April 2019 Gugusdepan Kabupaten Tangerang 26.111-26.112 Pangkalan SD Al Fityan School Tangerang, Melantik Anggota Pramuka Golongan Siaga dan Penggalang, Kegiatan Pelantikan ini kerap dilaksanakan di hari Senin, dan menghadirkan orang tua untuk menyematkan Tanda Kecakapan Umum nya, bagi anggota yang telah dilantik diwajibkan untuk memakai seragam pramuka lengkap selama dua hari berturut-turut, karena merupakan adat dan kebiasaan di Gugusdepan SD Al Fityan School Tangerang (SD AFISTA).

Hari ini anggota yang dilantik terdiri dari 8 orang Siaga Bantu, 3 orang Siaga Mula dan 1 orang Penggalang Ramu. Dan yang melantik pada kesempatan ini adalah Ka Yoga, yang merupakan Ka. Gudep Putra

Sampai berjumpa di pelantikan selanjutnya, sampai bertemu pada Pengukuhan Pramuka Siaga Garuda

Salam Pramuka !!!

GARA-GARA GA PUNYA SEKRETARIAT

KeDu Dalam Berita !

Sudah lebih dari 1 Dasa Warsa Kwarran Kelapa Dua terbentuk namun sampai saat ini belum memiliki Sekretariat yang memadai, sehingga semua aktifitas dilaksanakan berpindah-pindah tempat. permasalahan ini sudah beberapa kali kami sampaikan kepada pimpinan, namun masih belum menjadi prioritas utama dalam kebijakan, padahal sekretariat merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat dibutuhkan guna berjalannya organisasi.

 

SEKJEN KWARCAB PIMPIN RAKOR BIKIN WEBSITE

Berita   Kelapa Dua !!!

IMG-20160208-02126

Hari ini Senin, Tanggal 08 Februari 2016 dilaksanakan Rapat Lanjutan pembutan Web Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang yang dihadiri oleh 17 Kwarran, acara tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang DADANG SUDRAJAT, S,Sos.,MM.,M.Si

Dalam kesempatan ini pula Kwartir Ranting mendapatkan mendapatkan pengetahuan untuk menjadi admin di web kwartir cabang dan mendapatkan fasilitas berupa 1 set bendera  pramuka yang terdiri dari bendera (kitri, wosm, saka bahari, bakti husada, bhayangkara, dirgantara, kencana, taruna buni, wana bakti dan wira kartika).

Namun utuk menindaklanuti hal tersebut Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Kelapa Dua belum memikiki fasilitas Sekretarit Kwarran yang memadai untuk menjalankan organisasi .