Patriot yang sopan dan kesatria

K-2, Tanggal 11-12 April 2019 – Sekolah Dasar Al Afityan School Tangerang menyelenggarakan kegiatan KEMCIN (Kemah Cinta) dengan tema “ Patriot yang sopan dan kesatria” yang melibatkan sekitar 107 peserta penggalang dan 28 pendamping. Kemah cinta ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Kegiatan kepramukaan ini dilaksanakan secara out door. Berkemah berarti melatih hidup bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan tenda atau kemah sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan dan sebagainya.

Acara pembukaan Kemah Cinta ini dipimpin oleh Ka.Gudep yaitu Ka Yoga, dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa “seorang penggalang harus memiliki jiwa berani, tangguh, pantang menyerah dan sikap sopan dalam hal apapun yang akan menunjukkan identitas kita sebagai bangsa indonesia”. Kegiatan perkemahan ini bertempat di BUPER Kitri Bakti, Curug. Uniknya sebelum perjalanan menuju kemah, peserta dengan pendamping ini melakukan long march dari sekolah ke tempat bumi perkemahanan. Menjelajahi setiap perjalanan bersama regunya. Setiap penjelajahan peserta akan menempati pos-pos yang harus mereka lewati dengan menjawab pertanyaan.  Dalam kegiatan ini siswa dituntut untuk terampil dalam tenik kepramukaan seperti membuat pionering, dan juga dituntun untuk selalu kreatif.

Tujuan diadakan perkemahan ini adalah untuk membina generasi muda yang berani terampil dan cinta terhadap tanah air. Kegiatan kepramukaan ini menjadi salah satu proses pendidikan dalam membangung karakter, kemandirian peserta untuk menjadi individu yang kreatif dan mandiri, juga mempersiapkan generasi unggul pemimpin yang berkarater di masa akan datang.

Kegiatan ini berlangsung 2 hari membuat para peserta sangat antusias mengikutinya. Dengan diadakannya kemah cinta ini diharapkan semakin terjalinnya ukhuwah antara peserta dengan pendampingnya, juga antara peserta didik dengan peserta didik lainnya.

Salam Pramuka !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *